Jumat, 16 Januari 2015

Karya Tulis

SERVIS CVT SEPEDA MOTOR

Disusun sebagai syarat untuk Memenuhi Tugas Mandiri
Mata Pelajaran “Bahasa Indonesia”
( Guru : Sri Wahyuningsih S.Pd )


Disusun oleh :


Nama : Fajar Ulin Nuha
NIS : 16729
Progam Keahlian : Teknik Sepeda Motor



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA TEKNIK KEJURUAN SEPEDA MOTOR
SMK NEGERI 4 SEMARANG
SEMARANG 2014

i
LEMBAR PENGESAHAN

              Karya tulis ini telah disetujui oleh pembimbing dan disahkan oleh, Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Semarang Sebagai syarat memenuhi tugas akhir mata pelajaran bahasa indonesia dalam semester gasal  Tahun Pelajaran 2014/2015

Semarang, 21 November 2014


                                                                                                         
Disetujui oleh,
Pembimbing Industri                                      Pembimbing Sekolah


       
   
 Agus Karyono                                               Rahmat Taufik W.W,  S.Pd
                                                                         NIP.


                              Kepala Jurusan Otomotif




Aji Jarwoto, M.Pd
NIP.


                                        Mengesahkan,
                      Kepala SMK Negeri 4 Semarang




Drs. Felik Yuniarto
       NIP.196206091988031007

i i
MOTTO
"Masa depan tidak tergantung pada pekerjaan yang dilakukan, melainkan pada
orang yang mengerjakannya"
"Orang yang ingin sukses dia harus berfikir tentang keberhasilan,progresif,
kreatif dan diatas semua itu dia harus mencari."
".Dalam setiap kisah sukses, Anda akan menemukan seseorang yang telah
mengambil keputusan dengan baik"
"Tidak ada yang harus ditakuti dalam hidup ini. karena hidup ini perlu
diperjuangkan."
"Hal terbaik dan terindah yang tidak dapat dilihat atau disentuh oleh dunia
adalah hal yang dirasakan di dalam hati"

PERSEMBAHAN
Laporan Servis CVT ini saya persembahkan kepada:
1. Orang tua dan keluarga yang telah memberikan dukungan.
2. Kepala sekolah SMK Negeri 4 Semarang Drs.Felik Yuniarto
3. Waka kesiswaan SMK Negeri 4 Eko Sugiono S.Pd
4. Wali kelas XII TSM Rahmat Taufik W.W S.Pd
5. Guru mapel bahasa indonesia Sri Wahyuningsih S.Pd
6. Teman-teman seperjuangan yang saya sayangi dan saya banggakan.





i i i
KATA PENGANTAR

         Segala puji bagi Allah SWT, Tuhan semesta alam yang telah mencurahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan ini guna  melengkapi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia, dengan Tema Servis CVT Sepeda Motor Yang Diampu Oleh Ibu Sri Wahyuningsih, S.Pd Guru Sekolah Menengah Kejuruan 4 Semarang.
Sholawat serta salam senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang menjadi suri tauladan bagi kita semua, beserta sahabat dan keluarganya serta orang-orang yang senantiasa istikomah di jalan-Nya.
Tidak lupa penulis ucapkan terimakasih kepada Kepala Sekolah Bp. Felix Yuniarto M.Pd, Kepala Jurusan Bp. Aji Jarwoto M.pd, Wali Kelas Dua Belas Teknik Sepeda Motor Bp. Rahmat Taufik W.W S.Pd, Bapak / Ibu Guru serta teman – teman yang telah memberikan bantuan berupa motivasi, materi laporan dan informasi yang penulis butuhkan
Dengan selesainya tugas ini, tidak terlepas dari bantuan semua pihak. Dan penulis hanya dapat mengucapkan terima kasih atas berbagai pengorbanan dan pengarahan dari Ibu Sri Wahyuni, S.Pd selaku Guru mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Negeri 4 Semarang.
Penulis menyadari bahwa tulisan ini masih jauh dari kesempurnaan,untuk itulah kritik dan saran terbuka luas dan selalu Penulis harapkan dari pembaca guna kesempurnaan tulisan ini. Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat bagi Penulis dan pembaca.Amin.


Semarang, 21 November 2014
                  Penulis

( Fajar Ulin Nuha )


iv
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN 2
MOTTO/PERSEMBAHAN 3
KATA PENGANTAR 4
DAFTAR ISI 5
BAB I PENDAHULUAN 6
   1.   Latar Belakang 6
   2.   Tujuan 7
   3.   Pembatasan Masalah 7
   4.   Rumusan Masalah 7
   5.   Metode Pengumpulan Data 8
   6.   Sistematika 8
BAB II PEMBAHASAN MASALAH 9
   1.   Hakekat Judul 9
   2.   Cara Kerja 16
   3.   Penyelesaian 25
BAB III PENUTUP 31
   1.   Kesimpulan 31
   2.   Saran 31
LAMPIRAN – LAMPIRAN 32
DAFTAR PUSTAKA 33


BAB I
PENDAHULUAN

1. Latar Belakang
Pada zaman globalisasi seperti sekarang ini, alat transportasi merupakan hal yang sangat penting dan sangat di butuhkan dalam aktifitas sehari – hari. Alat transportasi terdapat banyak jenis yang berada di udara, laut, maupun darat. Alat transportasi darat seperti mobil dan sepeda motor adalah alat transportasi dengan jumlah pengguna paling banyak.
Sepeda motor merupakan alat transportasi darat paling diminati dan di produksi terbanyak di dunia, tetapi sepeda otor juga memerlukan perawatan untuk kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Dalam sepeda motor terdapat komponen – komponen seperti engine, chassis, dan electrical. Salah satunya adalah CVT yang banyak di gunakan pada sepeda motor matic.
Sistem CVT sangat memerlukan perawatan dalam jangka waktu yang di tentukan. Komponen – komponen harus di periksa dengan rutin, di bersihkan, di perbaiki maupun di ganti jika mengalami kerusakan yang parah sehingga dapat berfungsi dengan baik dan nyaman untuk di kendarai dalam beraktifitas sehari – hari.
Sebagai masukan instrumental untuk membantu siswa dalam memahami pengembangan konsep-konsep dan prinsip prinsip CVT maka dalam proses pembelajaran ini diperlukan bantuan penyajian materi yang berupa benda konkrit, dimana karya tulis ini dapat kita gunakan sebagai pedoman untuk mendapatkan hasil yang sempurna.



2. Tujuan
Berdasarkan latar belakang di atas, maka tujuan dari pembuatan karya tulis “Servis CVT” adalah sebagai berikut:
1. Membantu siswa dalam menemukan potensi dalam dirinya
2. Menarik minat siswa dalam belajar
3. Mempertahankan daya ingat agar siswa tidak mudah lupa
4. Memberi pengetahuan bagi pembaca mengenai servis CVT
5. Memberi wawasan bagi pembaca tentang komponen sepeda motor
3. Pembatasan Masalah
          Kita mengenal sepeda motor terdapat komponen – komponen seperti engine, chassis, dan electrical. Salah satunya adalahCVT yang banyak di gunakan pada sepeda motor berjenis scuter.
         Dalam laporan ini penulis akan membahas teknik Pemeriksaan dan Penggantian Sistem V-Matic pada sepeda motor.
4. Rumusan Masalah
1. Apa pembahasan teori dari servis CVT pada sepeda motor.
2. Bagaimana model atau tipe CVT tersebut
3. Bagaimana cara kerja alat tersebut
4. Bagaimana cara membongkar sistem CVT
5. Bagaimana cara memeriksa sisitem CVT
6. Bagaimana cara memasang sistem CVT
7. Bagaimana cara mengidentifikasi sistem CVT








5. Metode Pengumpulan Data
Dalam penyajian karya tulis ini penulis mengumpulkan data dan informasi selama penulis melaksanakan praktek kerja industri. Adapun cara – cara yang penulis lakukan di dalam pengumpulan data dan informasi tersebut adalah sebagai berikut :
1. Metode Study Pustaka
 Dengan mengumpulkan data melalui buku lks, majalah otomotif, buku pelatihan mekanik maupun buku panduan reparasi yang saya kumpulkan
2. Metode Observasi
Dengan mengumpulan data melalui pengamatan langsung terhadap kerja mekanik Ahass maupun Guru sehingga kita mendapatkan informasi yang kita butuhkan dalam laporan
3. Metode Praktek
Dengan melakukan praktek secara langsung saya juga mengumpulkan data melalui pengalaman dan cara ini merupakan cara yang paling efektif untuk mengumpulkan data laporan
6. Sistematika
Pada BAB I yakni pendahuluan akan di bahas secara berturut – turut latar belakang masalah, tujuan, kemudian dilanjutkan pembatasan masalah, rumusan masalah, metode pengumpulan data, manfaat, dan di akhiri dengan sistematika laporan.
BAB II kajian pustaka berisi kajian teori dan beberapa bahan pustaka yang sesuai dan laporan yang telah mendahului yang dilakukan oleh penulis.
BAB III Metode berisi uraian mengenai metode pengumpulan data dan metode analisis data.
BAB IV pembahasan berisi uraian pembahasan analisis data yamg telah terkumpul dengan menggunakan metode yang telah di tentukan.
BAB V pentup berisi simpulan dan saran.

BAB II
PEMBAHASAN MASALAH

1  . Hakekat Judul

          Sistem V-Matic adalah mekanisme otomatis yang mengubah perbandingan gigi tanpa langkah-langkah dan mengubah daya mesin ke dalam gaya dorong optimal tanpa kejutan pergantian gigi. Ini memungkinkannya untuk membangkitkan gaya dorong yang sesuai dengan keadaan-keadaan pengendaraan, mulai berjalan, berakselerasi, menjelajah, dan memakai daya mesin dengan lebih efektif. Daya mesin diteruskan dari crankshaft ke drive pulley, dan kemudian ke driven pulley melalui drive belt. Perbandingan gigi berubah sewaktu jari-jari kontak antara kedua pulley ini dan drive belt (diameter pulley) berubah. Kopling sentrifugal otomatis menyatu dengan driven pulley. Sewaktu kecepatan perputaran driven pulley naik, kopling secara otomatis menghubungkan drive shaft (poros penggerak), sehingga torsi crankshaft diteruskan ke roda belakang melalui reduksi akhir.


















2 . Cara Kerja























3. Penyelesaian















BAB III
 PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan penjelasan yang telah diuraikanpada bab-bab sebelumnya,  maka dapat ditarik kesimpulan bahwa :
1. Komponen pada sepeda motor harus selalu di periksa dan di rawat
2. Perwatan yang rutin dapat memberikan rasa nyaman dan aman dalam berkendara
3. Jika melakukan praktek gnakanlah prosedur yang ada dalam buku panduan reparasi supaya mendapat hasil yang maksimal
B. Saran
Dengan adanya pembuatan laporan ini diharapkan :
1. Bagi Siswa
a. Lebih aktif dalam mengembangkan potensi dalam diri
b. Lebih kreatif cara belajarnya.
c. Lebih percaya diri dengan kemmpuan yang telah dimiliki
2. bagi Guru
a. Membantu siswa dalam memahami tentang sistem CVT.
b. Mengawasi siswa dalam pemakaian alat perbaikan.
c. Sering menggunakan alat sebagai perantara mengajar.
d. mampu berkreatifitas dalam mengembangkan kemampuan.
3. Bagi Sekolah :
a. Menyediakan alat untuk menunjang proses belajar mengajar.
b. menyediakan sarana dan prasarana dalam praktikum
c. memberi kesempatan guru dalam berpartisipasi




LAMPIRAN
                  Dengan segenap kekurangan dan keterbatassan yang dimiliki, penulis menyarankan bagi semua pembaca agar tetap bersemangat dan berjuang dalam mengembangkan potensi diri. Sebuah karya pasti mempunyai kelebihan dan juga kelemahan, penulis merasa bahwa karya yang telah dibuat ini masih banyak kekurangannya oleh karena itu penulis senantiasa mengharapkan saran dan kritik yang dapat membangun semangat kami agar dapat membuat yang lebih baik dari sebelumnya. Untuk saran dan kritiknya dapat menghubungi penulis dan  pihak yang bersangkutan.














DAFTAR PUSTAKA

Sudadi, Waluya, dkk. 2006. Otomotiv untuk sd kelas XI.
Jakarta : Graha Pustaka.
Isti.H, Sugiarto. 2006. Petunjuk Reparasi Sepeda Motor.
Semarang : UNNES.
Hidayah Isti. 2004. Buku Ajar Workshop Otomotiv I.
Semarang : UNNES
PT. Astra Honda Motor. 2004. Buku Pelatihan Mekanik Tingkat 1.
Jakarta : Astra Honda Training Centre
PT. Astra Honda Motor. 2005. Buku Pelatihan Mekanik Tingkat 2.
Jakarta : Astra Honda Training Centre
PT. Astra Honda Motor. 2010. Buku Panduan Reparasi Vario.
Jakarta : Astra Honda Training Centre
http//masawan winarto.files.wordpress.com/...praktikum-menemukan-cara -per...25 sep 2010


Tidak ada komentar:

Posting Komentar